Rabu, 08 April 2015
Tips Cara Meningkatkan peforma Mesin Supra X 125
1. Mengganti Per Kopling
Per kopling standar Honda Supra X 125 telalu lembut jadi perlu diganti dengan per kopling yang lebih keras dengan per kopling buat balap alias racing seperti TDR, HRP, BRT, Daytona, Kitaco dan lain-lain. Kalau kamu mau yang murah ya tambahin ring di baut pengunci kampas kopling cukup satu atau dua saja.
2. Mengganti Kompas Kopling
Dengan mengubah kampas kopling Supra X 125, maka daya cengkram kampas kopling jadi semakin oke. Jadi gak selip pada saat motor berjalan. Untuk kampas kopling bisa diganti dengan kampas-kompas kopling yang buat balap. Harganya agak lumayan tapi itu bisa buat motor Honda Supra X 125 gak selip, maksudnya waktu kita pindah gigi gak ngedrop banget kaya pake yang standard, intinya tenaga mesin semuanya tersalur ke tramsmisi.
3. Mengganti CDI
CDI yang ada pada motor manapun biasanya menggunakan limiter (pembatas RPM tertentu) agar motor tidak terlalu tinggi rpmnya. CDI yang tanpa limiter ini biasanya adalah cDI racing, sekarang banyak pabrikan CDI yang buat balap memproduksi buat harian atau standard, misalnya BRT. Selain bisa menambah toop speed CDI racing bisa untuk menaikkan pengapian.
4. Bor Up Mesin
Bore Up merupakan pembesaran diameter piston yang melewati ukuran yg telah ditentukan oleh pabrikan. yaitu over size, dimana over size terdiri dari 0,25 ; 0,50 ; 0,75 ; 1.00. limit yang paling tipis adalah 2 mm, jadi liner jangan sampai kurang dari 2mm kalau kurang dari itu dapat dipastikan suhu dari liner akan cepat meningkat dan kerusakan liner serta kebocoran kompresi akan terjadi. selanjutnya perlu penyesuaian setingan pilot jet dan main jet sesuai dengan kondisi mesin, biar performa mesin meningkat dan daya tahan mesin baik.
5. KOrek Mesin Harian (kohar)
untuk melakukan korek harian ini ada beberapa komponen motor yang perlu sedikit dirubah, hal ini gunaya untuk meningkatkan performa mesin motor kita, berikut komponen - komponen dan penjelasannya:
- Pengapian
Di dalam motor standa, pengapian sudah ditentukan atau sudah di batasi dari pabrik atau sering kita sebut pengapian LIMITER. Dan itu bisa diatasi dengan mengganti CDI standar dengan CDI racing,
bagi yang tidak mau mengganti CDI bisa di akali dengan menggeser pengapian. Cara menggeser pengapian itu juga sangat mudah, kita tinggal melepas bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubang kedudukan pulser, tapi jangan sembarangan menggeser karna dapat berakibat motor susah hidup.
- Karburator
Biasanya motor bawaan pabrik respon awal sangat galak tapi untuk melaju kencang sangat sulit, itu dikarnakan spuyer yang dipakai berukuran kecil sehingga pasokan bensin minim (kurang) motor jadi gesit diputaran bawah tapi top speednya loyo. Semua itu bisa diatasi dengan mengganti spuyer pada karburator dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya, tapi jangan asal ganti, karna dapat mengakibatkan motor jadi berebet.
Itulah beberapa Tips Cara Meningkatkan peforma Mesin Supra X 125, semoga bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar